Cerita Anak

.:: Cerita Anak | Cerita Rakyat | Dongeng Anak ::.

Feb
11

Kisah Putri Duyung

Ditulis oleh Kakak Koko

Tersebutlah seorang raja laut yang ditinggalkan oleh permaisurinya. Maka hidupnya hanya ditemani oleh enam orang putrinya dengan diasuh oleh seorang neneknya.

Neneknya membuat perraturan, bahwa hanya jika sudah berusia lima belas tahun cucunya boleh muncul ke permukaan laut melihat dunia manusia.

“Kenapa harus begitu, Nek?” tanya seorang cucunya.

“Begitulah, agar kalian nampak cantik dilihat oleh manusia di daratan,” jawab neneknya.


Waktu pun berlalu. Satu perrsatu putri-putri itu tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik. Namun diantara putri-putri cantik itu yang paling cantik adalah Puteri Duyung bungsu.

Ombak akan tenang bilamana Puteri Duyung muncul ke permukaan laut.

Pada suatu hari Putri Duyung bungsu muncul di permukaan laut. Dilihatnya sebuah perahu semakin mendekatinya. “Alangkah tampannya penumpang perahu itu. O, yang itu lebih tampan lagi,” katanya kepada dirinya sendiri setelah dekat dengan perahu. Dia memang heran, karena penumpang yang dianggapnya paling tampan adalah Putra seorang raja.

Tiba-tiba cuaca berubah menjadi buruk. Angin taufan menyambar-nyambar perahu. Perahu jadi oleng. Dan akhirnya perahu itu tenggelam. Melihat kecelakaan tersebut Putri Duyung sangat kasihan kepada Putra Raja. Ditolongnya pemuda itu. Dalam keadaan pingsan Putra Raja diletakkan di tepi pantai, sedang dia sendiri kembali pulang kedasar laut.

Tapi sulit bagi Putri Duyung untuk melupakan wajah yang tampan itu. Maka dia menceritakannya kepada kakak-kakaknya apa yang telah dialaminya. Kakak-kakaknya tertawa memperolok.

“Pantas saja kau jadi pemurung kini,” kata salah seorang kakaknya.

Karena amat rindu kepada Putra Raja, Putri Duyung ingin pergi ke permukaan laut. Ingin menjumpai Putra Raja. Sebenarnya neneknya melarang agar jangan sekali-kali menjumpai Putra Raja, karena ekor Putri Duyung sangat buruk dan tak disukai oleh manusia. Namun Putri Duyung tetap berkemauan keras. Dia pergi kepada Pesihir.

“Aku bisa menolongmu, kau berkaki cantik asal suaramu boleh kuminta,” kata Pesihir.

“Baiklah,” jawab Putri Du¬yung.

“Minumlah obat ini jika kau sudah sampai di permukaan laut,”Putri Duyung mengangguk.

Sesampainya di permukaan laut, obat dari Pesihir itu diminumnya. Seketika itu juga dia pingsan. Tapi setelah siuman Putri Duyung melihat disampingnya telah duduk Putra Raja dengan tersenyum. Alangkah bahagia hati Putri Duyung. Tapi sayang ketika Putra Raja yang tampan menanyakannya, Putri Duyung tak bisa bersuara. Dia ingat bahwa suaranya telah diberikan kepada Pesihir. Dengan begitu Putra Raja seolah hanya berhadapan dengan seorang gadis cantik tetapi bisu. Kecewalah hati Putra Raja. Menangislah Putri Duyung ketika Putra Raja meninggalkannya. Dia pun jadi putus asa. Kemudian dia mencebur ke laut pulang ke istana ayahnya. Dia sangat malu kepada manusia. Itulah maka Putri Duyung selalu mengelak dari pandangan manusia. ***

Tags

|cerita anak||cerita putri duyung||dongeng putri duyung||cerita dongeng putri duyung||legenda putri duyung||kisah putri duyung||cerita dongeng putri||dongeng putri malu||cerita putri||cerpen putri duyung|
  1. sally ajach Said,

    waw seru ………………………………..

  2. virda Said,

    ceritanya sangat menarik :)

  3. fitri Said,

    CERITANYA SERU :) SIAPA SI YANG BUAT CERITA PUTRI DUYUNG BAGUSSSSSSSS BANGET TAU x:

  4. bryllian.wijaya Said,

    baaaaaaaaaaaguuuuuuuuuuus banget

  5. rika Said,

    kurang …………………………….,,,,,,,,,,,
    lanjutin lagi donk Ceritanya……………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. Kakak Koko Said,

    @rika:
    sabar ya dik… :D

  7. lida Said,

    cerita ney dari daerah mna?????????/

  8. nanda Said,

    aku suka cerita itu…

  9. fernando Said,

    bgs y crta na ,,
    lnjut dunk kk

  10. jessica Said,

    aq heran,,
    bukannya cerita asli putri duyung adlh
    putri duyung bakalan meghilang bersama gelembung karena ditinggalin pangeran
    btul g?

  11. Kakak Koko Said,

    mungkin ada banyak versi kali yah?… :D

  12. Keisha Said,

    Terima kasih …. Cerita yang bagus Dan menyenangkan.

  13. fitri sy. Said,

    ini bgs bngt ceritax……….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  14. suci talensa Said,

    bagus ceritanya

  15. yusran Said,

    boleh ngga kak saya minta gambar atau foto putri duyung soalnya saya suka sekali koleksi foto-foto putri duyung ini kalau boleh sih kak dan ini nomor hp saya 0852617xxxxx ya kak tolong ya????

  16. Kakak Koko Said,

    nomor hpnya kakak sensor ya…
    coba dik yusran ketikkan ini di internetnya: http://www.images.google.com terus ketikkan putri duyung di kotak pencariannya…pasti nanti adik dapet banyak gambar putri duyung…

  17. princess Afiqah Said,

    we,…bestnya cetanye yer….

  18. serly Said,

    hahhaahhaah..
    lucu amattt ..

  19. stella Said,

    kak kl beli buku cerita tentang putri duyung itu dimana?
    oh iya kakak tau dr mana crtnya?
    kak ada cerita karangan kakak lg gak yg lain?

  20. Kakak Koko Said,

    @stella
    adik bisa ke gramedia, bisa ke perpustakaan, banyak kok sumbernya, asal mau coba mencari…
    ini sebenernya karangan ayahnya kakak…

  21. adhi kurniawan Said,

    aku menunggu cerita putera duyung

  22. dia Said,

    kasihan ya ??…………………….putri duyung

  23. sheiiLahh Said,

    Wwwaaauu

  24. S Said,

    seru!!!!!!!!

  25. wani Said,

    cerita bestlah …..:)

  26. wani Said,

    korang sumeni pun suke cite ni…….

  27. titi Said,

    wow seru namun masih kurang ceritanya eh sayang banget ya ga ada putri duyung sungguhan…….-_-

  28. titi Said,

    wow seru banget ceritanya sayang yang kurang adalah ceritanya belum panjang nie kalo puteri duyung sungguhan emang ada pasti banyak orang yang paling suka banget baca cerita ini wah pokoknya mantepppppp deh….. eh siapa sih pengarang cerita ini gua seneng deh sama idenya yang cemerlang……namun tambahin dong ceritanya misal nya judulnya kaya gini ni putri yang mencari kalung emasnya sampai ke ujung lautan….^_^

  29. Rahma Nurul Lisdiana Said,

    wah.. seru banget ih cerita nya.. bikin lagi cerita yang menarik ya kakak.. :)

  30. sahrial Said,

    bisa tampilin cerpen karya saya g’ di blog kkk…!!!!

  31. fanny Said,

    versi film little mermaid di disney menceritakan bahwa putri duyung bisa hidup bahagia dengan pangeran, bahkan ada versi keduanya yg dia punya anak setelah menikah dengan pangeran

    tapi kalo di buku cerita, putri duyung dipertemukan dengan pilihan yang sulit, membunuh pangeran tersebut atau pergi dari pangeran itu, dan dia pergi seperti buih

    jadi yg bner yg mana?

  32. oki Said,

    huhuhuhu aq pengen baca kisahnya putri duyung yang akhirnya jd buih…….

  33. clara Said,

    sangat bagus aku ingin jika ada sangat banyak

  34. Putri Said,

    Wew,,?
    Lanjutin donk critanya

  35. asri Said,

    kacian bgt sihhhhhhhhhhhhhhh

  36. itha Said,

    seru bgt….

  37. senja Said,

    kak cerita putri duyung itu beneran nggak

  38. senja Said,

    putri duyung wekwekwekwekwekwekwekwek

  39. ricky Said,

    duyung ada atau tidak :\

  40. amandavivian Said,

    aku sangat suka pada cerita di atas atau cerita tentang putri duyung ^_^

  41. anandalaura Said,

    aku kasian pada putri duyung

  42. sinta imut Said,

    wah…
    menarik juga ya cerita nya… :D

  43. arfilia sanny Said,

    bagus kak,,

    kak ada cerita putera duyungnya ga kak?kak kok aku buka gambar gambar little mermaidnya yg keluar ariel terus ya kak ga ada yg lain?

  44. nie Said,

    good . . good . . :)

  45. michiko Said,

    wow…. this cerita so beautifull

  46. erka japtrini Said,

    bagusssssssssssssssssssssssssssssssssss

  47. aldiecakep Said,

    wow…. this cerita so beautifull :)

  48. Christin Daris Said,

    waaahhh……
    critanya, bagus bangat……….. aku suka critanya, buat yang buat…..
    thx, atas critanya pokonya kereeeeen abiiiiisssssssssss thee…..

  49. dinda Said,

    wwaaaw ini cerita yg mnyenangkan,,,& mengasikan …………!!!!! *****
    # kak koko tolong bikin cerita tentang ketulusan…??? ya kak ….??

  50. tamy Said,

    wewew seruuuuuuu

  51. susi pitaloka Said,

    seru dan menyenangkan…………………………………….

  52. putri Said,

    knpa ga ada crita yg singkat

  53. hatina rizky Said,

    waw i like
    lanjut yah kak ceritanya seru bangetttttttttttt

    :D

  54. Putri Salsabila Said,

    ih ceritanya bagus tp eman gak ada gambarnya :P :-B

  55. alifa adhila Said,

    keren :)

  56. alifa adhila Said,

    seruuuuuuuuuuuuuu gk ada gambarnya sih :(

  57. oOoONne 10 Said,

    seru skli,cozZ singkat padat dan jelas

  58. thania Said,

    ceritanya seru banget asyik

  59. syawal Said,

    lebih mantab lagi kalau di buku kan . . .

  60. belajar Said,

    wah seandainya putri duyung datang ke laut manado pasti aku datang untuk melihat

  61. barbie Said,

    :D :*

  62. aquintu crismon Said,

    ceritanx asik juga ,,,,,,,,,,

  63. putri arhaza Said,

    waw ceritaya menari ska aku

  64. jason Said,

    kerennnnnnnnnnnnnnn

  65. jason Said,

    abisssssssssssssssssss

  66. komala putri Said,

    masi ad lnjutan

  67. komala putri Said,

    biasax smua critaa psti hidup bahagia knpa dia nggak

  68. amelia Said,

    bagus tpi putri duyungx yg nakal

  69. anisa daynina Said,

    nti putri ddyung ny, mht pangeran yg menkh dgn wanita laen,,

  70. shyta ariantii Said,

    wooww .
    aku sukaaa dongeng nyaa .

    #serruuuhh.com

  71. rizki subekti Said,

    seru bnget dongeng nya,,,

  72. Erika gading sahara Said,

    Satu kata yaitu;

    bagusssssssssss;););)

  73. Bae su ji Said,

    Baguss si tapi buat lagi ya yg lebih seru, aku suka ;) :):*8-)

  74. Tasya Tya Said,

    bagus ya,ceritanya…..
    tapi,,,,,sayangnya gx da gambarnya….
    dri mna dapatnya??

  75. jane safira Said,

    ceritanya bagus tapi nggak ada gambarnya sich?

  76. putriana dewi Said,

    bgus and mnarik ….

  77. sabrina kesia Said,

    bagusssssssss.buat yg ada gambarnya ya?????????

  78. felicia nathania adrian Said,

    ceriatanya singkat dan apik
    hehehr

  79. farahani Said,

    bagus dn menarik

  80. kiki said Said,

    Bgus Bngtezz :)

  81. ratna Said,

    wah….cerita’a seru
    tpi gua masih nunggu crita putra duyung nih….
    kpan ya…cerita’a di luncurkan

  82. hana Said,

    best gila !!

  83. jessicka iskandar Said,

    wiih cerita nya bagus untuk anak juga menyenangkan pokok nya seru top banget
    VERy GoOd

  84. ruth sola gratia Said,

    wis seru banget
    hehehe

  85. cici panda Said,

    hehehe,
    seru kan

  86. aldy fairuz Said,

    iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    seru tapi gue belom selesai baca nich
    hehehe kalian semua jangan ganggu ye, biar gue sampe selesai baca nya paling jam 07:00 gua dah selesai baca
    please jangan ganggu

  87. aldy fairuz Said,

    thank you kalian tidak mengganggu
    oh, ya mudah-mudahan kalian baca ya………………………………………………….

  88. annisa yunianti sakina Said,

    hehehehe seru kan buatan gw cerita nya siape dulu dongx annisa tercantik didunia
    hehehehe bercanda
    thank you dah bilang gw cantik/beatiful

  89. joan tomhalia saputri Said,

    Sayang ceritanya pendek coba ceritanya panjang pasti seruuuuuuuuuuuuuu banget deh ceritanya .Aku pingin akhir ceritanya romantis !!!!!!!!!!!!

  90. joan tomhalia saputri Said,

    Pokoknya harus ada episodenyalg yg seru.aku suka banget deh ceritanya kerennnnnnnn sumpah good banget. !!!!!!!!!!!!!!!!

  91. Jenny Said,

    Bagus ceritanya filmin dong……..
    Kalau ada tambahan bilang ya………
    :)

  92. selvi Said,

    seru abiiiiiiiiiiissssssssss………. cerita nya….?

  93. ani Said,

    wow asyik ceritanya bagus sekali.,,,,,,

  94. haris Said,

    wah bagus ya

  95. merry Said,

    baguss ceritanya,, tapi lanjutiinn dong biiaaarrr seerruuuuuuuuuuuuuu ..

  96. andesta Said,

    huhuhu
    sedih y??
    moga bahagia ujung nya ya

  97. meme Said,

    Saya suka, karena ceritanya bagussssss!!!!!!!!! :D

  98. julians Said,

    Lanjut kan cerita nya

  99. annisa yunianti sakina Said,

    best gila banget

  100. Tiar R Said,

    ya baguss.. hehe

  101. nalia Said,

    wah ceritanya bagus dan menarik ya tmn”….

  102. ayu said Said,

    ceritanya sangat menarik banget dan romantiss bangetttt bagi saya sihhhh.

  103. angga farah quiin tara nensi panghhpanghhhhhh Said,

    untung gw punya ade yg pinter tapi gak segi tu nya kali wow itu yg nama nya ayu said tuh pasti dah baca ..,………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

  104. angga farah quiin tara nensi panghhpanghhhhhh Said,

    don’t cry, don’t be shy
    kamu cantik apa ada nya
    sadari syukuri dirimu sempurna
    jangan dengarkan kata mereka
    dirimu indah pancarkan sinarmu

    you are beatiful, beatiful, beatiful
    kamu cantik-cantik dari hatimu
    you are beatiful, beatiful, beatiful
    kamu cantik-cantik dari hatimu

    don’t cry, don’t be shy
    kamu cantik apa ada nya
    sadari syukuri dirimu sempurna
    jangan dengarkan kata mereka
    dirimu indah pancarkan sinarmu wo oww

    you are beatiful, beatiful, beatiful
    kamu cantik-cantik dari hati mu

  105. angga farah quiin tara nensi panghhpanghhhhhh Said,

    lagu buatan gw bagus gak teman-teman ??? kalo bagus telpon gue di no. ini

    +622198004457
    tuh no. hp gue tapi nanti yg ngangkat gw kok beneran oh ya ada satu lg no. hp

    +628138377163

  106. angga farah quiin tara nensi panghhpanghhhhhh Said,

    telpon yah kan kalian semua teman gw

  107. syafa Said,

    Bagus ceritanya

  108. fensla Said,

    kshn yach si putri ternyata perjuangannx sia2 saja owwwwwwwwwwwwwwwww

  109. Vebby elka pratiwi Said,

    ceritanya bagus dan menarik :)
    tetapi sayang perjuangan putri duyung itu hanya sia2,kasihan ya :(

  110. Aya Said,

    Ceritanya bagus banget.Mudah-mudahan bermanfaat ya!

  111. Hanan Said,

    Seru banget kak aku baca ini setiap malam kalau adik sepupu ku dateng kalau adik sepupu ku dateng pasti bilang kak ceita duyung……………

  112. Wahyu Said,

    Kak ada crta tntng lgenda putri bintang gak. . . . .???

  113. tasya maya sita Said,

    menarikkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  114. tasya maya sita Said,

    menarikkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  115. huzna luthfiana Said,

    duch lucu banget

  116. huzna luthfiana Said,

    duchhhhhhhh lucu bangettttttt,,,,,

  117. sophia noors elf Said,

    duchhhhhh

  118. nasywa Said,

    ceritanya menarik jdi bangga nih sru lgi dong

  119. nasywa Said,

    pertamanya nenek putri duyung klau umur nya lima blas thun blh cucunya blh muncul permukaan laut melihat dunia manusia /.terakhirnya dia sangat malu kpda manusia .*…* gitu cerita nya..

  120. tata Said,

    ceritanya bagus banget……………….. lain kali bikin cerita baru ya…………………………………………………………………………………………….

  121. Mila Said,

    putri duyung itu beneranya?
    atau cuma mitos?

  122. adit coolman Said,

    bagus ceritanya……………………………………………………………………………………………………………….x

  123. Iqbal remitaz Said,

    Asyik.
    Baguzz banget ceritanya,hehehe

  124. remitaz iqbal Said,

    Asyik,Baguzz banget ceritanya,hehehe

  125. yuli.k Said,

    ceritanya bagus..tiap mo bo2, anakku minta dbacain cerita putri duyung..

  126. try indah wijayanti Said,

    bener gak sich tuh

  127. karissa agnia rubi Said,

    cerita yang bagus tapi sayang putri duyung tak boleh keluar permukaan pada umur 10/11

  128. surialove Said,

    ceritanye perti menipu aja

  129. aulia Said,

    wah ceritanya pendek tetapi seru juga yah .

  130. Marco Laurens Said,

    ceritanya bagus dan bagus buat tugas dongeng sekolah

  131. bella Said,

    Ceritanya bagus sekali ya,tapi apa itu benar atau cuma mitos?

  132. tiara rinanty Said,

    Wow………… Ceritanya seru juga,tapi ceritanya pendek sekali.apakah ada sambunganya?

  133. tiara rinanty Said,

    Kak kok banyak sekali beri komentar tentang cerita yg kakak berikan?

  134. aik Said,

    nama pengarang cerita ini hans andersen. Cerita ini sedih banget loh karna ujungnya si putri duyung nggak sama si pangeran bahkan pangeran nikah ama putri dari negara lain di hadapan putri duyung sendiri

  135. yulia pratiwi Said,

    wah menarik sekali cerita ini :(

  136. yulia pratiwi Said,

    :)

  137. asphia Said,

    siapa yang bikin seru ceritanyah

  138. Nabila Aulia Cleviandra Said,

    ceritanya bagus sekali,seru,dan menyenangkan

  139. Nabila Aulia Cleviandra Said,

    ceritanya bagus,seru,menarik,menyenangkan,dan lucu

  140. elsa seveners Said,

    kk, ceritanya bagus banget, di tunggu ya kk cerita selanjutnya

  141. safira cii cikita Said,

    hmm
    crt ny menarik + gambar ny donk kak :) *

  142. Liya Fauziyah Hartono Said,

    Ceritanya bagus, tapi kurang banyak…….
    Lanjutin lagi dong ceritanya…..
    Seru…!!!!! XD

  143. Akbar Adi Said,

    kak ceritanya ada yang lebih pendek gak kak

  144. Akbar Adi Said,

    bagus,tapi ada yg bih pendek gax

  145. dias Said,

    ka ceritanya pendekin dong

  146. dewi Said,

    ceritanya bagus aq suka

  147. tanisya Said,

    hmm
    ceritanya seru banget,
    tapi kasihan putri duyungnya

  148. Deo Said,

    waww cerita nya juga mengasikan …

  149. melina sari annur Said,

    aku kasihan banget sama putri duyungnya tapi seru juga kok!!

  150. chintya manurung Said,

    keren abizzzzzzzzzzzzz ceritaxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  151. PriLLy Said,

    Tolonglah aku untuk mencari Foto Putri Duyung

  152. salsadila kusumati Said,

    ceritanya sih seru……………… tapi ceritanya bosen

  153. echa imuetz cellalu Said,

    Woww.,,
    apakah crta putri duyung itu sungguhan

  154. tira ivelina Said,

    kak amanat nya mana???

  155. malika Said,

    keren ya aku mau tunggu cerita putri yang lain

  156. ANIZA AZZAHRA Said,

    wow q suka ceritanya lanjutin dong

    :-D

  157. thaffira Said,

    keren ya ceritanya

  158. Atika Said,

    bagus…………………………………

  159. laras Said,

    menyedihkan buanget s……..keren!!!!!!!!!

  160. ihda Said,

    aku suka tapikan lebih asik kalo baca nya bukan di komputer yang lebih asik tuh bacanya di buku ceritanya he he he !!!!

  161. ihda rafidah Said,

    bagus tapi yang lebih bagus bacanya di buku ceritanya he he he……….

  162. Agarita.womster Said,

    Bagus buanget,…

  163. Saskia Putri Nabila Said,

    Bagus :)

  164. annida ussalamah Said,

    bagus banget……..
    lanjutin donk ceritanya

  165. sandra Said,

    waw bagus bangett…

  166. Lisa Said,

    Bagus (y)

  167. ayang aying Said,

    bagus ya kisahnya

  168. Cerita anak 2 « DUNIA ANAK…. Said,

    [...] Kisah Putri Duyung Ditulis oleh Kakak Koko [...]

  169. amanda vivian Said,

    KURANG LANJUT NIH LANJUTIN DONG SEKALIAN ISI FOTO

  170. Rethney Said,

    Bagus juga ya ceritanya!

  171. benedikta Said,

    baguss ,,banget tapi kak ada merman nya gak kak ??
    Makasih ya kak udah bikin cerita nya !!!

Silakan beri komentar adik-adik